Ar Rahman "Maha Pengasih"


Nama Allah, Ar Rahmaanu ( الرحمن ) dibaca Ar Rohman termasuk Al-Asma`ul Husna, firman Allah :

وَإِلَٰهُكُمْ إِلَٰهٌ وَاحِدٌ ۖ لَا إِلَٰهَ إِلَّا هُوَ الرَّحْمَٰنُ الرَّحِيمُ
Dan Tuhanmu adalah Tuhan yang Maha Esa; tidak ada Tuhan melainkan Dia yang Maha Pemurah lagi Maha penyayang. (Al-baqarah : 163)

كَذَٰلِكَ أَرْسَلْنَاكَ فِي أُمَّةٍ قَدْ خَلَتْ مِنْ قَبْلِهَا أُمَمٌ لِتَتْلُوَ عَلَيْهِمُ الَّذِي أَوْحَيْنَا إِلَيْكَ وَهُمْ يَكْفُرُونَ بِالرَّحْمَٰنِ ۚ قُلْ هُوَ رَبِّي لَا إِلَٰهَ إِلَّا هُوَ عَلَيْهِ تَوَكَّلْتُ وَإِلَيْهِ مَتَابِ
Demikianlah, Kami telah mengutus kamu pada suatu umat yang sungguh telah berlalu beberapa umat sebelumnya, supaya kamu membacakan kepada mereka (Al Qur’an) yang kami wahyukan kepadamu, padahal mereka kafir kepada Tuhan yang Maha Pemurah. Katakanlah : “Dia-lah Tuhanku tidak ada Tuhan selain Dia; Hanya kepada-Nya aku bertawakkal dan hanya kapada-Nya aku bertaubat”.(Ar-Ra’d : 30)

الرَّحْمَٰنِ الرَّحِيمِ
Maha Pemurah lagi Maha Penyayang. (Al-Fatihah: 3)

Makna Kata
Nama Allah, Ar Rahmaanu bermakna Yang Memberikan Rahmat kepada seluruh makhlukNya dengan tidak pilih kasih, dengan tidak membedakan antara makhluk berakal atau tidak, antara manusia yang baik atau yang jahat, manusia yang beriman atau kafir. Tetapi rahmat yang dikasihkan itu hanya merupakan rahmat-rahmat kecil yang rendah merupakan susunan tubuh, makan minum, isteri anak-keturunan, kesehatan dan kekayaan dan lain-lain. Segala macam rahmat yang tidak kekal, rahmat yang datang dan mungkin pergi. Rahmat yang hanya selama hidup di dunia saja.

Asy-Syaikh Muhammad bin Shalih Al-Utsaimin mengatakan :
Ar-Rahmaanu artinya Yang memiliki rahmat, kasih sayang yang luas, karena wazan (bentuk kata) fa’lan dalam bahasa Arab menunjukkan makna luas dan penuh. Semisal dengan kata ‘Seorang lelaki ghadhbaan,’ artinya penuh kemarahan. Sementara, Ar-Rahiim adalah nama Allah yang memiliki makna kata kerja dari rahmat (yakni Yang merahmati, Yang mengasihi), karena wazan fa’iil bermakna faa’il pelaksana, sehingga kata tersebut menunjukkan perbuatan (merahmati, mengasihi). Oleh karena itu, paduan antara nama Ar-Rahmaanu dan Ar-Rahiimu bermakna rahmat Allah l itu luas dan kasih sayang-Nya akan sampai kepada makhluk-Nya.”

Demikian pengertian yang terkandung di dalam tiap-tiap nama dari Asmaul-Husna yang amat masyhur itu. Pengertian yang kita terangkan secara ringkas seringkas-ringkasnya. Bila dibentangkan atau diuraikan dengan panjang, maka nama Allah, Ar Rahmaanu tidak cukup dengan sebuah buku tebal seribu halaman, Allah tidak terbatas keagungan, ketinggian, kemuliaan dan kesempurnaa-Nya.

Cara berdoa dengan Nama Allah, Ar Rahmaanu dengan ditambahkan kata Jalla Jalaaluhu yang artinya : Mulia kemuliaan-Nya. Misalnya "Ya Rohman Jalla Jalaaluhu"



Related Posts:

0 Response to "Ar Rahman "Maha Pengasih""

Posting Komentar