Ar Rahim "Maha Penyayang"



Nama Allah, Ar Rahiimu ( الرحيم ) dibaca Ar Rohim termasuk Al-Asma`ul Husna, firman Allah :

فَتَلَقَّىٰ آدَمُ مِنْ رَبِّهِ كَلِمَاتٍ فَتَابَ عَلَيْهِ ۚ إِنَّهُ هُوَ التَّوَّابُ الرَّحِيمُ
Kemudian Adam menerima beberapa kalimat dari Tuhannya, maka Allah menerima taubatnya. Sesungguhnya Allah Maha penerima Taubat lagi Maha Penyayang.( Al-Baqarah:37)

قُلْ إِنْ كُنْتُمْ تُحِبُّونَ اللَّهَ فَاتَّبِعُونِي يُحْبِبْكُمُ اللَّهُ وَيَغْفِرْ لَكُمْ ذُنُوبَكُمْ ۗ وَاللَّهُ غَفُورٌ رَحِيمٌ
Katakanlah: “ Jika kamu ( benar-benar ) mencintai Allah, ikutilah aku, niscaya Allah mengasihi dan mengampuni dosa-dosamu”. Allah Maha pengampun lagi Maha penyayang.(Ali ‘ Imran:31)

Makna Kata
Nama Allah, Ar Rahiimu berarti Allah Memberikan Rahmat Yang Besar. Rahmat yang tak dapat dinilai dengan seluruh harta dan kekayaan, Rahmat yang kekal dan abadi. Rahmat yang agung berupakan keimanan atau agama yang benar, ilmu yang benar berupakan jalan lurus hidup, perasaan bahagia yang sumbernya iman, perasaan cinta terhadap Allah, Rasul-rasul dan ajaran-ajaran-Nya, akhirnya rahmat terbesar yang menjadi induk segala rahmat adalah Syura Jannatun Na'iim, dan lain-lain Rahmat besar yang abadi dalam kehidupan akirat.

Demikian pengertian yang terkandung di dalam tiap-tiap nama dari Asmaul-Husna yang amat masyhur itu. Pengertian yang kita terangkan secara ringkas seringkas-ringkasnya. Bila dibentangkan atau diuraikan dengan panjang, maka nama Allah, Ar Rahiimu tidak cukup dengan sebuah buku tebal seribu halaman, Allah tidak terbatas keagungan, ketinggian, kemuliaan dan kesempurnaa-Nya.

Cara berdoa dengan Nama Allah, Ar Rahiimu dengan ditambahkan kata Jalla Jalaaluhu yang artinya : Mulia kemuliaan-Nya. Misalnya "Ya Rohim Jalla Jalaaluhu"


Related Posts:

0 Response to "Ar Rahim "Maha Penyayang""

Posting Komentar