Kronologi Cerita Ashabul Kahfi


KRONOLOGIS CERITA ASHABUL KAHFI MENURUT AL-QURAN

Banyak situs penghujat islam mengatakan cerita ashabul kahfi hanya merupakan dongeng dan mitos.sebagai muslim saya mengimani semua isi quran tanpa kecuali,quran tak pernah salah….bukti kebenaran quran dapat kita lihat dari peristiwa awet nya jenazah firaun, lalu bukti kebenaran cerita haman di quran,bukti kebenaran nabi hud dalam quran, padahal cuma quran yg menceritakan adanya nabi hud dengan cerita2 nya…..dan banyak lagi bukti kebenaran quran.padahal dunia kristen dulu mengimani cerita ashabul kahfi ini(versi penyebutan kristen:seven sleepers).Sebuah hari peringatan dirayakan untuk ketujuh pemuda itu dan dinamai sebagai hari pesta Santo “Maximianus, Malchus, Martinianus, Dionisius, Yoannes, Serapion, dan Konstantinus” pada 27 Juli. Nama-nama lain dari ketujuh pemuda ini diberikan dalam sumber-sumber lain. Perayaan ini dihapuskan dan dianggap sebagai mitos setelah pembaruan liturgi Katolik Roma pada 1969. Pesta di kalangan Ortodoks Timur tetap diperingati pada 22 Oktober

ternyata yang menganggap cerita 7 penidur dongeng datang dari gereja kristen….perlu di ketahui,cerita itu di perkirakan di mulai pra konsili nicea di abad ke 2 masehi,waktu itu trinitas belum ada…jadi 7 penidur itu Berkaidah Tauhid.

Baca artikel berikut :

Bapa Bapa Gereja Awal : Allah Lah Tuhan Yang Esa, Satu-satunya Tuhan, Yesus Cuma Manusia Biasa.
Diambil dari buku Saksi Jehova:
Bapa Gereja Awal. Iranaeus(W KL200M) : Allah Satunya Tuhan, Yesus Lebih Rendah Dari Bapa
iranaeus mengatakan:keberadaan yesus sebagai manusia,yesus terpisah dari Allah dan lebih rendah daripada Allah.yesus tidak setara dengan satu2nya Tuhan yang benar,Allah yang lebih tinggi dari segala galanya….dan Dia(Allah)adalah Tuhan,tiada yang lain lagi.

Bapa Gereja Awal, Hippolytus (W KL 235M) : Allah Adalah Tuhan Yang Esa, Oknum Yang Pertama dan Satu-satunya.
Hippolithus berkata:

“Allah adalah Tuhan yang esa….oknum yang pertama dan satu2nya,kahlik dan Tuhan dari segala makhluk.tidak ada yang sama dengan Dia…tetapi Dia adalah esa,berada sendirian,yang karena menghendakinya,menjadikan ada apa yg dulunya tidak ada.”

bapa gereja awal lainnya berkata:

Bapa Gereja Awal:Justinus Martir(W Kl 165m):Yesus Ciptaan Allah Dan Tak Sederajat Dengan Allah.
justinus martir mengatakan bahwa pra manusia yesus sebagai roh yang di ciptakan yang tidak sama dengan Tuhan yang menciptakan segala sesuatu.justinus martir mengatakan bahwa yesus lebih rendah dari pada Allah dan tidak pernah melakukan sesuatu yang pencipta ingin ia lakukan edan katakan


Bapa Gereja Awal, Origenes (W KL 250M): Anak Lebih Kecil Dari Bapa
Origenes berkata:

“bapa dan anak adalah dua substansi….dua hal sebagaimana esensi keduanya….di bandingkan dengan bapa,anak(yesus)jelaslah sangat kecil”


Bapa Gereja Awal : Tertulian (W KL 230M): Allah Berada Sendiri Saat Segala Sesuatu Belum Tercipta.
tertulian berkata:

“Allah bapa berbeda dari anak Allah,karena Dia(Allah)lebih besar.sebagaimana yg memperanakkan berbeda dari yang di peranakkan.Dia yang mengutus berbeda dari dia yang di utus.”

teretulian berkata lagi:

“ada rentang waktu ketika sang anak belum ada…sebelum perkara belum ada,Allah berada sendirian”(catat=tiada Tuhan lain di samping Allah saat itu)


Bapa Gereja Awal, Clement Alexandria (WK L 251M) : Yesus Adalah Ciptaan dan Allah Tak di Ciptakan
Clement alexandria mengatakan:

“yesus keberadaannya sebelum menjadi manusia adalah ciptaan,tetapi yesus menyebut Allah sebagai yang tidak di ciptakan dan tidak binasa dan satu2nya Tuhan yang benar.anak Allah adalah nomor dua setelah satu2nya bapa yang maha kuasa,tetapi yesus tak setara dengan Bapa(Allah)


Buku : The Church Of The First Three Centuries, Alvan Lamson : Trnitas Bidat.
Alvan lamson berkata:”Doktrin trinitas yang modern dan populer tidak mendapat dukungan dari bahasa justinus martir,dan peryataan ini dapat di perluas sehingga berlaku juga untuk bapa2 gereja sebelum konsili nicea,yaitu UNTUK SEMUA PENULIS KRISTEN selama 3 abad setelah kelahiran kristus.memang,mereka berbicara mengenai sang bapa,anak dan roh kudus,tetapi tidak sebagai oknum yang setara,tidak berjumlah satu zat,tidak sebagai tiga dalam satu,dalam arti apapun yang sekarang di terima olehy para penganut trinitas.justru adalah kenyataannya adalah sebaliknya.”

jadi bukti dari alkitab maupun dari sejarah memperjelas bahwa trinitas tidak di kenal sepanjang zaman alkitab dan selama beberapa abad setelahnya.”


Prof E Washburn Hopkins, Universitas Yale : Trinitas Tak di Kenal
Profesor washburn berkata:”bagi yesus dan paulus,doktrin trinitas jelas tak di kenal….mereka tak mengatakan apa2 mengenainya”.
(prof washburn dalam origin and evolution of religion)


adanya cerita yang di anggap legenda belakangan bukan berarti cerita itu tidak pernah ada….suatu cerita nyata setelah lama berselang akan di anggap legenda jika tak tercatat sejarah dengan baik dan lengkap.padadahal cerita itu ada.

maka dengan KEBENARAN QURAN DI BANYAK SISI,SAYA IMANI CERITA 7 PENIDUR ITU BENAR2 ADA DI SEKITAR ABAD KE 2,di saat itu memang kristen sedang giat2 nya di bantai olaeh romawi,,,,,persis cerita ashabul kahfi yg melarikan diri dari penguasa lalim tuk selamat kan akidah mereka.

Berikut kronologis cerita ashabul kahfi menurut quran:

ASHABUL KAHFI MEMASUKI GUA UNTUK BERLINDUNG DARI PENGUASA LALIM.

أَمْ حَسِبْتَ أَنَّ أَصْحَٰبَ ٱلْكَهْفِ وَٱلرَّقِيمِ كَانُوا۟ مِنْ ءَايَٰتِنَا عَجَبًا
Atau kamu mengira bahwa orang-orang yang mendiami gua dan (yang mempunyai) raqim [872] itu, mereka termasuk tanda-tanda kekuasaan Kami yang mengherankan?( Al-Kahfi:9)

إِذْ أَوَى ٱلْفِتْيَةُ إِلَى ٱلْكَهْفِ فَقَالُوا۟ رَبَّنَآ ءَاتِنَا مِن لَّدُنكَ رَحْمَةًۭ وَهَيِّئْ لَنَا مِنْ أَمْرِنَا رَشَدًۭا
(Ingatlah) tatkala para pemuda itu mencari tempat berlindung ke dalam gua, lalu mereka berdo`a: “Wahai Tuhan kami, berikanlah rahmat kepada kami dari sisi-Mu dan sempurnakanlah bagi kami petunjuk yang lurus dalam urusan kami (ini).”( Al-Kahfi:10)

Masuk nya Ashabul kahfi ke dalam gua itu tentu sama sekali tak di ketahui orang lain kecuali oleh mereka sendiri.maka itu saksi sejarah peristiwa saat ashabul kahfi memasuki gua nol sama sekali,kecuali oleh para pemuda-pemuda itu.maka itu,nol nya saksi sejarah dan saksi mata peristiwa itu membuat gereja kristen modern seenak nya menganggap itu dongeng.jika kristen mau fair,banyak cerita dalam injil-injil pun tak di dukung saksi-saksi sejarah sekular,kecuali yang di klaim 3 saksi(markus,matius dan yohanes)persis seperti para pemuda ashabul kahfi,saksi2 peristiwa itu cuma pemuda-pemuda itu.Perayaan ini(seven sleepers) dihapuskan dan dianggap sebagai mitos setelah pembaruan liturgi Katolik Roma pada 1969.

TENTU GERJA KATOLIK ROMA PUNYA NIAT TERSELUBUNG,melihat cerita itu di quran,mereka pun punya alasan menyerang quran,apalgi cerita itu terjadi setelah masa perjanjian baru hingga tak tercantum dalam injil2 misal nya.atas dasar apa gereja mengatakan itu dongeng dan mitos?dan atas dasar apa pula GEREJA MENGIMANI LEGENDA 2000 BABI?

HOAX PERISTIWA GERASA,MUSTAHIL TANAH YAHUDI ADA YANG MEMELIHARA 2000 BABI?
(12) lalu roh-roh itu meminta kepada-Nya, katanya: “Suruhlah kami pindah ke dalam babi-babi itu, biarkanlah kami memasukinya!”(13) Yesus mengabulkan permintaan mereka. Lalu keluarlah roh-roh jahat itu dan memasuki babi-babi itu. Kawanan babi yang kira-kira dua ribu jumlahnya itu terjun dari tepi jurang ke dalam danau dan mati lemas di dalamnya.(markus 5:12-13)

Apakah mungkin tanah yahudi saat yesus hidup ada peternakan besar babi sehingga ada 2000 babi yang mati saat peristiwa gerasa?yahudi seluruh yudea dan samaria jelas tahu dalam taurat mereka bahwa babi adalah haram.maka mustahil saat itu ada peternakan besar babi hingga mencapai 2000 ekor.

jadi cerita ini kita curigai hoax.lebih-lebih sejarah sekular tak ada satupun yang menceritakan peristiwa dramatis itu.yesus pun di anggap tokoh a historis/dongeng,karena minim nya saksi-saksi sejarah sekular.

SETELAH DALAM GUA,ALLAH MENUTUP TELINGA ASHABUL KAHFI SELAMA 309 TAHUN.

فَضَرَبْنَا عَلَىٰٓ ءَاذَانِهِمْ فِى ٱلْكَهْفِ سِنِينَ عَدَدًۭا
Maka Kami tutup telinga mereka beberapa tahun dalam gua itu [873],( Al-Kahfi:11)

Begitu juga ketika Ashabul kahfi tidur di gua selama 309 tahun,tak ada satu pun saksi mata dan sejahrawan,hingga mudah saja penuduh islam berkata,cerita itu adalah dongeng dan mitos.

LALU ALLAH BANGUN KAN PEMUDA-PEMUDA ITU SETELAH TIDUR PANJANG 309 TAHUN.

ثُمَّ بَعَثْنَٰهُمْ لِنَعْلَمَ أَىُّ ٱلْحِزْبَيْنِ أَحْصَىٰ لِمَا لَبِثُوٓا۟ أَمَدًۭا
Kemudian Kami bangunkan mereka, agar Kami mengetahui manakah di antara kedua golongan itu [874] yang lebih tepat dalam menghitung berapa lama mereka tinggal (dalam gua itu).( Al-Kahfi:12)

Begitu juga ketika pemuda-pemuda itu bangun dari tidur,dan selama tidur,tak ada satupun saksi sejarahwan dan manusia saat itu.

PEMUDA-PEMUDA ITU BERIMAN KEPADA ALLAH.

نَّحْنُ نَقُصُّ عَلَيْكَ نَبَأَهُم بِٱلْحَقِّ ۚ إِنَّهُمْ فِتْيَةٌ ءَامَنُوا۟ بِرَبِّهِمْ وَزِدْنَٰهُمْ هُدًۭى
Kami kisahkan kepadamu (Muhammad) cerita ini dengan benar. Sesungguhnya mereka adalah pemuda-pemuda yang beriman kepada Tuhan mereka, dan Kami tambah pula untuk mereka petunjuk.( Al-Kahfi:13)

Quran menyatakan,bahwa pemuda-pemuda itu beriman pada Allah.artinya mereka berakidah Tauhid dan menganggap yesus manusia biasa.jika mereka tidur di abad 2,(sesuai kronologi masa Decius/dikyanus),maka jelas Akidah mereka Tauhid yesus,para apostel dan bapa2 gereja,sebab saat itu Trinitas barang haram yang belum di kenal.

Contohnya adalah perkataan Bapa gereja awal,Justinus martir: :JUSTINUS MARTIR(W KL 165M):YESUS CIPTAAN ALLAH DAN TAK SEDERAJAT DENGAN ALLAH.

justinus martir mengatakan bahwa pra manusia yesus sebagai roh yang di ciptakan yang tidak sama dengan Tuhan yang menciptakan segala sesuatu.justinus martir mengatakan bahwa yesus lebih rendah dari pada Allah dan tidak pernah melakukan sesuatu yang pencipta ingin ia lakukan dan katakan.

SEBELUM MENGUNGSI KE DALAM GUA,MEREKA PERNAH BERHADAPAN DENGAN DIKYANUS MEM PROKLAMIR KAN KEIMANAN MEREKA.

وَرَبَطْنَا عَلَىٰ قُلُوبِهِمْ إِذْ قَامُوا۟ فَقَالُوا۟ رَبُّنَا رَبُّ ٱلسَّمَٰوَٰتِ وَٱلْأَرْضِ لَن نَّدْعُوَا۟ مِن دُونِهِۦٓ إِلَٰهًۭا ۖ لَّقَدْ قُلْنَآ إِذًۭا شَطَطًا
Dan Kami meneguhkan hati mereka diwaktu mereka berdiri [875], lalu mereka pun berkata, “Tuhan kami adalah Tuhan seluruh langit dan bumi; kami sekali-kali tidak menyeru Tuhan selain Dia, sesungguhnya kami kalau demikian telah mengucapkan perkataan yang amat jauh dari kebenaran”.( Al-Kahfi:14)

Peristiwa ini pun tak tercatat sejarah.mengapa?sebab begitu banyak yang memegang iman Tauhid saat itu.katakumbe kristen terlalu banyak,maka itu tak ada alasan sejahrawan mencatat peristiwa ini secara komplit.ini yang menyebab kan seenak nya gereja menganggap dongeng cerita ini.

KRITIK PEMUDA ASHABUL KAHFI PADA KEPERCAYAAN PAGAN MASA DIKYANUS.

هَٰٓؤُلَآءِ قَوْمُنَا ٱتَّخَذُوا۟ مِن دُونِهِۦٓ ءَالِهَةًۭ ۖ لَّوْلَا يَأْتُونَ عَلَيْهِم بِسُلْطَٰنٍۭ بَيِّنٍۢ ۖ فَمَنْ أَظْلَمُ مِمَّنِ ٱفْتَرَىٰ عَلَى ٱللَّهِ كَذِبًۭا
Kaum kami ini telah menjadikan selain Dia sebagai tuhan-tuhan (untuk disembah). Mengapa mereka tidak mengemukakan alasan yang terang (tentang kepercayaan mereka)? Siapakah yang lebih zalim daripada orang-orang yang mengada-adakan kebohongan terhadap Allah?( Al-Kahfi:15)

وَإِذِ ٱعْتَزَلْتُمُوهُمْ وَمَا يَعْبُدُونَ إِلَّا ٱللَّهَ فَأْوُۥٓا۟ إِلَى ٱلْكَهْفِ يَنشُرْ لَكُمْ رَبُّكُم مِّن رَّحْمَتِهِۦ وَيُهَيِّئْ لَكُم مِّنْ أَمْرِكُم مِّرْفَقًۭا
Dan apabila kamu meninggalkan mereka dan apa yang mereka sembah selain Allah, maka carilah tempat berlindung ke dalam gua itu, niscaya Tuhanmu akan melimpahkan sebagian rahmat-Nya kepadamu dan menyediakan sesuatu yang berguna bagimu dalam urusan kamu [876].( Al-Kahfi:16)

Nama raja Dikyanus hanya datang dari ahli tafsir islam,quran tak merinci siapa nama raja itu.maka itu jika ahli tafsir salah prediksi zaman raja itu,bukan otomatis kesalahan quran.

PEMUDA-PEMUDA ASHABUL KAHFI MEMUTUS KAN UZLAH KE GUA BUAT MENYELAMAT KAN IMAN.

وَإِذِ ٱعْتَزَلْتُمُوهُمْ وَمَا يَعْبُدُونَ إِلَّا ٱللَّهَ فَأْوُۥٓا۟ إِلَى ٱلْكَهْفِ يَنشُرْ لَكُمْ رَبُّكُم مِّن رَّحْمَتِهِۦ وَيُهَيِّئْ لَكُم مِّنْ أَمْرِكُم مِّرْفَقًۭا
Dan apabila kamu meninggalkan mereka dan apa yang mereka sembah selain Allah, maka carilah tempat berlindung ke dalam gua itu, niscaya Tuhanmu akan melimpahkan sebagian rahmat-Nya kepadamu dan menyediakan sesuatu yang berguna bagimu dalam urusan kamu [876].( Al-Kahfi:16)

QURAN MENCERITAKAN SIFAT GUA ASHABUL KAHFI.

وَتَرَى ٱلشَّمْسَ إِذَا طَلَعَت تَّزَٰوَرُ عَن كَهْفِهِمْ ذَاتَ ٱلْيَمِينِ وَإِذَا غَرَبَت تَّقْرِضُهُمْ ذَاتَ ٱلشِّمَالِ وَهُمْ فِى فَجْوَةٍۢ مِّنْهُ ۚ ذَٰلِكَ مِنْ ءَايَٰتِ ٱللَّهِ ۗ مَن يَهْدِ ٱللَّهُ فَهُوَ ٱلْمُهْتَدِ ۖ وَمَن يُضْلِلْ فَلَن تَجِدَ لَهُۥ وَلِيًّۭا مُّرْشِدًۭا


Dan kamu akan melihat matahari ketika terbit, condong dari gua mereka ke sebelah kanan, dan bila matahari terbenam menjauhi mereka ke sebelah kiri sedang mereka berada dalam tempat yang luas dalam gua itu. Itu adalah sebagian dari tanda-tanda (kebesaran) Allah. Barangsiapa yang diberi petunjuk oleh Allah, maka dialah yang mendapat petunjuk; dan barangsiapa yang disesatkan-Nya, maka kamu tidak akan mendapatkan seorang pemimpinpun yang dapat memberi petunjuk kepadanya.( Al-Kahfi:17)
Tidak mudah membuktikan keberadaan gua yang dimaksud sebelum maraknya penelitian arkeologi. Dari beberapa sumber sebelumnya ada yang mengatakan bahwa gua tsb berada di Ephesus namun ada pula yang berpendapat bahwa gua tsb berada di Tarsus. Nanti pada tahun 1963, seorang arkeolog Yordania bernama Rafiq Waqa Ad-Dajani, akhirnya menemukan sebuah gua yang terletak sekitar 8 km dari Amman (ibukota Yordania), yang memiliki ciri-ciri persis seperti yang diuraikan oleh Al-Qur’an.
Gua tsb berada diatas dataran tinggi menuju arah tenggara, sedangkan kedua sisinya berada di sebelah timur dan barat, serta terbuka sedemikian rupa sehingga cahaya matahari menembus ke dalam. Di dalam gua terdapat ruangan kecil yang luasnya sekitar tiga kali dua setengah meter. Ditemukan juga didalam gua tersebut 8 kuburan yang kemudian dari tiap-tiap tulang-belulang dari setiap kuburan dikumpul menjadi satu. Perlu diketahui bahwa menjadi adat ketika itu, mayat-mayat orang Nasrani dikuburkan di dalam bekas batu. Ini tidak mustahil bahwa mereka yang telah menguruskan mayat pemuda tersebut telah mengebumikan mereka dengan cara dan adat mereka pada saat itu.

PERISTIWA ASHABUL KAHFI,BUAT MENUNJUK KAN KEKUASAAN ALLAH.

وَتَرَى ٱلشَّمْسَ إِذَا طَلَعَت تَّزَٰوَرُ عَن كَهْفِهِمْ ذَاتَ ٱلْيَمِينِ وَإِذَا غَرَبَت تَّقْرِضُهُمْ ذَاتَ ٱلشِّمَالِ وَهُمْ فِى فَجْوَةٍۢ مِّنْهُ ۚ ذَٰلِكَ مِنْ ءَايَٰتِ ٱللَّهِ ۗ مَن يَهْدِ ٱللَّهُ فَهُوَ ٱلْمُهْتَدِ ۖ وَمَن يُضْلِلْ فَلَن تَجِدَ لَهُۥ وَلِيًّۭا مُّرْشِدًۭا
Dan kamu akan melihat matahari ketika terbit, condong dari gua mereka ke sebelah kanan, dan bila matahari terbenam menjauhi mereka ke sebelah kiri sedang mereka berada dalam tempat yang luas dalam gua itu. Itu adalah sebagian dari tanda-tanda (kebesaran) Allah. Barangsiapa yang diberi petunjuk oleh Allah, maka dialah yang mendapat petunjuk; dan barangsiapa yang disesatkan-Nya, maka kamu tidak akan mendapatkan seorang pemimpinpun yang dapat memberi petunjuk kepadanya.( Al-Kahfi:17)

KEADAAN ASHABUL KAHFI BESERTA ANJING NYA SEMASA TIDUR.

وَتَحْسَبُهُمْ أَيْقَاظًۭا وَهُمْ رُقُودٌۭ ۚ وَنُقَلِّبُهُمْ ذَاتَ ٱلْيَمِينِ وَذَاتَ ٱلشِّمَالِ ۖ وَكَلْبُهُم بَٰسِطٌۭ ذِرَاعَيْهِ بِٱلْوَصِيدِ ۚ لَوِ ٱطَّلَعْتَ عَلَيْهِمْ لَوَلَّيْتَ مِنْهُمْ فِرَارًۭا وَلَمُلِئْتَ مِنْهُمْ رُعْبًۭا
Dan kamu mengira mereka itu bangun, padahal mereka tidur; Dan kami balik-balikkan mereka ke kanan dan ke kiri, sedang anjing mereka mengunjurkan kedua lengannya di muka pintu gua. Dan jika kamu menyaksikan mereka tentulah kamu akan berpaling dari mereka dengan melarikan diri dan tentulah (hati) kamu akan dipenuhi oleh ketakutan terhadap mereka.( Al-Kahfi:18)

Tak ada satupun saksi mata dan sejahrawan yang meliput ketika mereka tidur,cuma Allah yang maha mengetahui keadaan mereka.maka ini kategori kisah ghaib.cuma Allah yang maha mengetahui keadaan mereka.orang-orang yang ingkar pada Quran tentu menuruti kata hati mereka bahwa kisah ini dongeng,tampa instropeksi bahwa banyak juga kisah-kisah alkitab nol saksi sejarah sekular.

LALU MEREKA DI BANGUN KAN ALLAH.

وَكَذَٰلِكَ بَعَثْنَٰهُمْ لِيَتَسَآءَلُوا۟ بَيْنَهُمْ ۚ قَالَ قَآئِلٌۭ مِّنْهُمْ كَمْ لَبِثْتُمْ ۖ قَالُوا۟ لَبِثْنَا يَوْمًا أَوْ بَعْضَ يَوْمٍۢ ۚ قَالُوا۟ رَبُّكُمْ أَعْلَمُ بِمَا لَبِثْتُمْ فَٱبْعَثُوٓا۟ أَحَدَكُم بِوَرِقِكُمْ هَٰذِهِۦٓ إِلَى ٱلْمَدِينَةِ فَلْيَنظُرْ أَيُّهَآ أَزْكَىٰ طَعَامًۭا فَلْيَأْتِكُم بِرِزْقٍۢ مِّنْهُ وَلْيَتَلَطَّفْ وَلَا يُشْعِرَنَّ بِكُمْ أَحَدًا
Dan demikianlah Kami bangunkan mereka agar mereka saling bertanya di antara mereka sendiri. Berkatalah salah seorang di antara mereka: Sudah berapa lamakah kamu berada (disini?)”. Mereka menjawab: “Kita berada (disini) sehari atau setengah hari”. Berkata (yang lain lagi): “Tuhan kamu lebih mengetahui berapa lamanya kamu berada (di sini). Maka suruhlah salah seorang di antara kamu untuk pergi ke kota dengan membawa uang perakmu ini, dan hendaklah dia lihat manakah makanan yang lebih baik, maka hendaklah ia membawa makanan itu untukmu, dan hendaklah ia berlaku lemah-lembut dan janganlah sekali-kali menceritakan halmu kepada seorangpun.( Al-Kahfi:19)

SEBAGIAN PEMUDA-PEMUDA ITU MENGIRA MEREKA BARU TIDUR DI GUA SEHARI ATAU SETENGAH HARI.

وَكَذَٰلِكَ بَعَثْنَٰهُمْ لِيَتَسَآءَلُوا۟ بَيْنَهُمْ ۚ قَالَ قَآئِلٌۭ مِّنْهُمْ كَمْ لَبِثْتُمْ ۖ قَالُوا۟ لَبِثْنَا يَوْمًا أَوْ بَعْضَ يَوْمٍۢ ۚ قَالُوا۟ رَبُّكُمْ أَعْلَمُ بِمَا لَبِثْتُمْ فَٱبْعَثُوٓا۟ أَحَدَكُم بِوَرِقِكُمْ هَٰذِهِۦٓ إِلَى ٱلْمَدِينَةِ فَلْيَنظُرْ أَيُّهَآ أَزْكَىٰ طَعَامًۭا فَلْيَأْتِكُم بِرِزْقٍۢ مِّنْهُ وَلْيَتَلَطَّفْ وَلَا يُشْعِرَنَّ بِكُمْ أَحَدًا
Dan demikianlah Kami bangunkan mereka agar mereka saling bertanya di antara mereka sendiri. Berkatalah salah seorang di antara mereka: Sudah berapa lamakah kamu berada (disini?)”. Mereka menjawab: “Kita berada (disini) sehari atau setengah hari”. Berkata (yang lain lagi): “Tuhan kamu lebih mengetahui berapa lamanya kamu berada (di sini). Maka suruhlah salah seorang di antara kamu untuk pergi ke kota dengan membawa uang perakmu ini, dan hendaklah dia lihat manakah makanan yang lebih baik, maka hendaklah ia membawa makanan itu untukmu, dan hendaklah ia berlaku lemah-lembut dan janganlah sekali-kali menceritakan halmu kepada seorangpun.( Al-Kahfi:19)

SALAH SEORANG PEMUDA PERGI KE KOTA MEMBAWA UANG PERAK BUAT MEMBELI MAKANAN.

وَكَذَٰلِكَ بَعَثْنَٰهُمْ لِيَتَسَآءَلُوا۟ بَيْنَهُمْ ۚ قَالَ قَآئِلٌۭ مِّنْهُمْ كَمْ لَبِثْتُمْ ۖ قَالُوا۟ لَبِثْنَا يَوْمًا أَوْ بَعْضَ يَوْمٍۢ ۚ قَالُوا۟ رَبُّكُمْ أَعْلَمُ بِمَا لَبِثْتُمْ فَٱبْعَثُوٓا۟ أَحَدَكُم بِوَرِقِكُمْ هَٰذِهِۦٓ إِلَى ٱلْمَدِينَةِ فَلْيَنظُرْ أَيُّهَآ أَزْكَىٰ طَعَامًۭا فَلْيَأْتِكُم بِرِزْقٍۢ مِّنْهُ وَلْيَتَلَطَّفْ وَلَا يُشْعِرَنَّ بِكُمْ أَحَدًا
Dan demikianlah Kami bangunkan mereka agar mereka saling bertanya di antara mereka sendiri. Berkatalah salah seorang di antara mereka: Sudah berapa lamakah kamu berada (disini?)”. Mereka menjawab: “Kita berada (disini) sehari atau setengah hari”. Berkata (yang lain lagi): “Tuhan kamu lebih mengetahui berapa lamanya kamu berada (di sini). Maka suruhlah salah seorang di antara kamu untuk pergi ke kota dengan membawa uang perakmu ini, dan hendaklah dia lihat manakah makanan yang lebih baik, maka hendaklah ia membawa makanan itu untukmu, dan hendaklah ia berlaku lemah-lembut dan janganlah sekali-kali menceritakan halmu kepada seorangpun.( Al-Kahfi:19)

PADA PEMUDA PEMBELI MAKANAN KE KOTA DI PESAN,AGAR JANGAN CERITA PERIHAL KITA.

وَكَذَٰلِكَ بَعَثْنَٰهُمْ لِيَتَسَآءَلُوا۟ بَيْنَهُمْ ۚ قَالَ قَآئِلٌۭ مِّنْهُمْ كَمْ لَبِثْتُمْ ۖ قَالُوا۟ لَبِثْنَا يَوْمًا أَوْ بَعْضَ يَوْمٍۢ ۚ قَالُوا۟ رَبُّكُمْ أَعْلَمُ بِمَا لَبِثْتُمْ فَٱبْعَثُوٓا۟ أَحَدَكُم بِوَرِقِكُمْ هَٰذِهِۦٓ إِلَى ٱلْمَدِينَةِ فَلْيَنظُرْ أَيُّهَآ أَزْكَىٰ طَعَامًۭا فَلْيَأْتِكُم بِرِزْقٍۢ مِّنْهُ وَلْيَتَلَطَّفْ وَلَا يُشْعِرَنَّ بِكُمْ أَحَدًا
Dan demikianlah Kami bangunkan mereka agar mereka saling bertanya di antara mereka sendiri. Berkatalah salah seorang di antara mereka: Sudah berapa lamakah kamu berada (disini?)”. Mereka menjawab: “Kita berada (disini) sehari atau setengah hari”. Berkata (yang lain lagi): “Tuhan kamu lebih mengetahui berapa lamanya kamu berada (di sini). Maka suruhlah salah seorang di antara kamu untuk pergi ke kota dengan membawa uang perakmu ini, dan hendaklah dia lihat manakah makanan yang lebih baik, maka hendaklah ia membawa makanan itu untukmu, dan hendaklah ia berlaku lemah-lembut dan janganlah sekali-kali menceritakan halmu kepada seorangpun.( Al-Kahfi:19)

Kini dapat di pahami mengapa cerita Ashabul kahfi amat minim sejarah,sebab pemuda-pemuda itu pun amat merahasiakan identitas mereka,setelah kebangkitan mereka dari tidur panjang.

MEREKA SEPAKAT RAHASIAKAN KONDISI MEREKA AGAR TAK DI PAKSA MENJADI MUSYRIK.

إِنَّهُمْ إِن يَظْهَرُوا۟ عَلَيْكُمْ يَرْجُمُوكُمْ أَوْ يُعِيدُوكُمْ فِى مِلَّتِهِمْ وَلَن تُفْلِحُوٓا۟ إِذًا أَبَدًۭا
Sesungguhnya jika mereka dapat mengetahui tempatmu, niscaya mereka akan melempar kamu dengan batu, atau memaksamu kembali kepada agama mereka, dan jika demikian niscaya kamu tidak akan beruntung selama lamanya”.( Al-Kahfi:20)

KISAH INI BUAT MENUNJUK KAN KEKUASAAN ALLAH.

وَكَذَٰلِكَ أَعْثَرْنَا عَلَيْهِمْ لِيَعْلَمُوٓا۟ أَنَّ وَعْدَ ٱللَّهِ حَقٌّۭ وَأَنَّ ٱلسَّاعَةَ لَا رَيْبَ فِيهَآ إِذْ يَتَنَٰزَعُونَ بَيْنَهُمْ أَمْرَهُمْ ۖ فَقَالُوا۟ ٱبْنُوا۟ عَلَيْهِم بُنْيَٰنًۭا ۖ رَّبُّهُمْ أَعْلَمُ بِهِمْ ۚ قَالَ ٱلَّذِينَ غَلَبُوا۟ عَلَىٰٓ أَمْرِهِمْ لَنَتَّخِذَنَّ عَلَيْهِم مَّسْجِدًۭا
Dan demikian (pula) Kami mempertemukan (manusia) dengan mereka, agar manusia itu mengetahui, bahwa janji Allah itu benar, dan bahwa kedatangan hari kiamat tidak ada keraguan padanya. Ketika orang-orang itu berselisih tentang urusan mereka [877], orang-orang itu berkata: “Dirikan sebuah bangunan di atas (gua) mereka, Tuhan mereka lebih mengetahui tentang mereka”. Orang-orang yang berkuasa atas urusan mereka berkata: “Sesungguhnya kami akan mendirikan sebuah rumah peribadatan di atasnya”.( Al-Kahfi:21)

Penggalan ayat: Dan demikian (pula) Kami mempertemukan (manusia) dengan mereka,bisa berati mereka para pemuda itu di pertemukan segelintir orang pada masa kebangkitan mereka dari tidur panjang,lalu pemuda-pemuda itu menceritakan keadaan mereka yang telah melintas berbagai masa Kaisar Romawi.dari situlah menyebar cerita tentang mereka,hingga berpuluh dan beratus tahun kemudian sebagian menganggap kisah itu legenda.saya lebih cendrung pada penafsiran ini.

ORANG-ORANG PASCA ASHABUL KAHFI BERSELISIH PAHAM TENTANG PEMUDA-PEMUDA ITU.

وَكَذَٰلِكَ أَعْثَرْنَا عَلَيْهِمْ لِيَعْلَمُوٓا۟ أَنَّ وَعْدَ ٱللَّهِ حَقٌّۭ وَأَنَّ ٱلسَّاعَةَ لَا رَيْبَ فِيهَآ إِذْ يَتَنَٰزَعُونَ بَيْنَهُمْ أَمْرَهُمْ ۖ فَقَالُوا۟ ٱبْنُوا۟ عَلَيْهِم بُنْيَٰنًۭا ۖ رَّبُّهُمْ أَعْلَمُ بِهِمْ ۚ قَالَ ٱلَّذِينَ غَلَبُوا۟ عَلَىٰٓ أَمْرِهِمْ لَنَتَّخِذَنَّ عَلَيْهِم مَّسْجِدًۭا
Dan demikian (pula) Kami mempertemukan (manusia) dengan mereka, agar manusia itu mengetahui, bahwa janji Allah itu benar, dan bahwa kedatangan hari kiamat tidak ada keraguan padanya. Ketika orang-orang itu berselisih tentang urusan mereka [877], orang-orang itu berkata: “Dirikan sebuah bangunan di atas (gua) mereka, Tuhan mereka lebih mengetahui tentang mereka”. Orang-orang yang berkuasa atas urusan mereka berkata: “Sesungguhnya kami akan mendirikan sebuah rumah peribadatan di atasnya”.( Al-Kahfi:21)

Saya lebih cendrung menafsir kan ayat di atas bahwa,setelah kematian Ashabul kahfi,masyarakat saat itu berselisih paham tentang kebenaran cerita itu.ada yang penuh iman menganggap cerita itu benar,ada yang menganggap Hoax.persis kondisi gereja kristen modern saat ini.jika ada orang-oarng mengaku hidup 309 tahun lalau dan baru bangun kini?apa reaksi masyarakat?tentu beragam reaksi mereka.

ORANG-ORANG SESUDAH ASHABUL KAHFI MENDIRIKAN SEBUAH BANGUNAN DAN TEMPAT PERIBADATAN DI ATAS GUA MEREKA.

وَكَذَٰلِكَ أَعْثَرْنَا عَلَيْهِمْ لِيَعْلَمُوٓا۟ أَنَّ وَعْدَ ٱللَّهِ حَقٌّۭ وَأَنَّ ٱلسَّاعَةَ لَا رَيْبَ فِيهَآ إِذْ يَتَنَٰزَعُونَ بَيْنَهُمْ أَمْرَهُمْ ۖ فَقَالُوا۟ ٱبْنُوا۟ عَلَيْهِم بُنْيَٰنًۭا ۖ رَّبُّهُمْ أَعْلَمُ بِهِمْ ۚ قَالَ ٱلَّذِينَ غَلَبُوا۟ عَلَىٰٓ أَمْرِهِمْ لَنَتَّخِذَنَّ عَلَيْهِم مَّسْجِدًۭا
Dan demikian (pula) Kami mempertemukan (manusia) dengan mereka, agar manusia itu mengetahui, bahwa janji Allah itu benar, dan bahwa kedatangan hari kiamat tidak ada keraguan padanya. Ketika orang-orang itu berselisih tentang urusan mereka [877], orang-orang itu berkata: “Dirikan sebuah bangunan di atas (gua) mereka, Tuhan mereka lebih mengetahui tentang mereka”. Orang-orang yang berkuasa atas urusan mereka berkata: “Sesungguhnya kami akan mendirikan sebuah rumah peribadatan di atasnya”.( Al-Kahfi:21)

Klaim quran ini bisa di buktikan lewat penggalian arkeologis,seperti dalam wikipedia berikut,walau pun quran tak pernah menegaskan di mana letak sebenarnya gua itu.namun data ini buat pertimbangan bahwa cerita ashabul kahfi memang populer dan eksis saat itu.

‘Gua’ dari Ketujuh Pemuda yang Tertidur dengan reruntuhan gereja yang dibangun di atasnya digali pada 1927-1928. Penggalian itu mengungkapkan pula beberapa ratus makam yang berasal dari abad ke-5 dan ke-6. Terdapat pula tulisan-tulisan yang dipersembahkan kepada Ketujuh Pemuda itu di dinding-dinding gereja dan di makam-makam tersebut. ‘Gua’ tersebut masih diperlihatkan kepada para wisatawan.

Lucunya,penulis wikipedia itu ngotot bahwa kisah itu dongeng.itu wajar,sebab penulis nya bisa saja ateis,agnostik atau kristen tampa mempertimbang kan keadilan analisa.tulisantulisan di dinding gereja dan makam buat para pemuda itu menunjukkan kisah itu populer pada masa itu.

ALLAH LEBIH MENGETAHUI KEADAAN SEJARAH PEMUDA-PEMUDA ITU,BAHKAN ORANG-ORANG PASCA ASHABUL KAHFI TAK TAHU PERSIS KEADAAN MEREKA.

وَكَذَٰلِكَ أَعْثَرْنَا عَلَيْهِمْ لِيَعْلَمُوٓا۟ أَنَّ وَعْدَ ٱللَّهِ حَقٌّۭ وَأَنَّ ٱلسَّاعَةَ لَا رَيْبَ فِيهَآ إِذْ يَتَنَٰزَعُونَ بَيْنَهُمْ أَمْرَهُمْ ۖ فَقَالُوا۟ ٱبْنُوا۟ عَلَيْهِم بُنْيَٰنًۭا ۖ رَّبُّهُمْ أَعْلَمُ بِهِمْ ۚ قَالَ ٱلَّذِينَ غَلَبُوا۟ عَلَىٰٓ أَمْرِهِمْ لَنَتَّخِذَنَّ عَلَيْهِم مَّسْجِدًۭا
Dan demikian (pula) Kami mempertemukan (manusia) dengan mereka, agar manusia itu mengetahui, bahwa janji Allah itu benar, dan bahwa kedatangan hari kiamat tidak ada keraguan padanya. Ketika orang-orang itu berselisih tentang urusan mereka [877], orang-orang itu berkata: “Dirikan sebuah bangunan di atas (gua) mereka, Tuhan mereka lebih mengetahui tentang mereka”. Orang-orang yang berkuasa atas urusan mereka berkata: “Sesungguhnya kami akan mendirikan sebuah rumah peribadatan di atasnya”.( Al-Kahfi:21)

Bahkan orang-orang setelah ashabul kahfi tak tahu persis kondisi pemuda-pemuda itu,mereka cuma mendengar cerita itu dari pemuda-pemuda itu.cerita fantastis itu termasuk perkara ghaib yang Allah saja yang tahu persis.maka itu mereka berkata: Tuhan mereka lebih mengetahui tentang mereka”.

ORANG-ORANG PASCA ASHABUL KAHFI TAK TAHU PERSIS KEJADIAN PEMUDA-PEMUDA ITU,SALAH SATU CONTOH:MENGENAI JUMLAH BILANGAN MEREKA.
Cerita nya menjadi bersimpang siur setelah lama,di tambah bumbu-bumbu cerita,hingga membenam kan versi yang benar dari cerita itu.

سَيَقُولُونَ ثَلَٰثَةٌۭ رَّابِعُهُمْ كَلْبُهُمْ وَيَقُولُونَ خَمْسَةٌۭ سَادِسُهُمْ كَلْبُهُمْ رَجْمًۢا بِٱلْغَيْبِ ۖ وَيَقُولُونَ سَبْعَةٌۭ وَثَامِنُهُمْ كَلْبُهُمْ ۚ قُل رَّبِّىٓ أَعْلَمُ بِعِدَّتِهِم مَّا يَعْلَمُهُمْ إِلَّا قَلِيلٌۭ ۗ فَلَا تُمَارِ فِيهِمْ إِلَّا مِرَآءًۭ ظَٰهِرًۭا وَلَا تَسْتَفْتِ فِيهِم مِّنْهُمْ أَحَدًۭا
Nanti (ada orang yang akan) mengatakan [878] (jumlah mereka) adalah tiga orang yang keempat adalah anjingnya, dan (yang lain) mengatakan: “(jumlah mereka) adalah lima orang yang keenam adalah anjing nya”, sebagai terkaan terhadap barang yang gaib; dan (yang lain lagi) mengatakan: “(jumlah mereka) tujuh orang, yang ke delapan adalah anjingnya”. Katakanlah: “Tuhanku lebih mengetahui jumlah mereka; tidak ada orang yang mengetahui (bilangan) mereka kecuali sedikit”. Karena itu janganlah kamu (Muhammad) bertengkar tentang hal mereka, kecuali pertengkaran lahir saja dan jangan kamu menanyakan tentang mereka (pemuda-pemuda itu) kepada seorangpun di antara mereka.( Al-Kahfi:22)

QURAN MENYATAKAN BAHWA CERITA ASHABUL KAHFI ADALAH PERKARA GHAIB.ALLAH YANG LEBIH MENGETAHUI KEADAAN MEREKA,TIDAK ADA YANG MENGETAHUI PERKARA ASHABUL KAHFI SETELAH KEJADIAN ITU,KECUALI INFORMASI YANG AMAT SEDIKIT.
Karena apa?sebab saksi mata dan sejarah peristiwa itu amat minim bahkan nyaris nol.cuma cerita-cerita yang di utara kan pemuda-pemuda itu yang jadi sumber,lalu terbenam di lumpur waktu.

سَيَقُولُونَ ثَلَٰثَةٌۭ رَّابِعُهُمْ كَلْبُهُمْ وَيَقُولُونَ خَمْسَةٌۭ سَادِسُهُمْ كَلْبُهُمْ رَجْمًۢا بِٱلْغَيْبِ ۖ وَيَقُولُونَ سَبْعَةٌۭ وَثَامِنُهُمْ كَلْبُهُمْ ۚ قُل رَّبِّىٓ أَعْلَمُ بِعِدَّتِهِم مَّا يَعْلَمُهُمْ إِلَّا قَلِيلٌۭ ۗ فَلَا تُمَارِ فِيهِمْ إِلَّا مِرَآءًۭ ظَٰهِرًۭا وَلَا تَسْتَفْتِ فِيهِم مِّنْهُمْ أَحَدًۭا
Nanti (ada orang yang akan) mengatakan [878] (jumlah mereka) adalah tiga orang yang keempat adalah anjingnya, dan (yang lain) mengatakan: “(jumlah mereka) adalah lima orang yang keenam adalah anjing nya”, sebagai terkaan terhadap barang yang gaib; dan (yang lain lagi) mengatakan: “(jumlah mereka) tujuh orang, yang ke delapan adalah anjingnya”. Katakanlah: “Tuhanku lebih mengetahui jumlah mereka; tidak ada orang yang mengetahui (bilangan) mereka kecuali sedikit“. Karena itu janganlah kamu (Muhammad) bertengkar tentang hal mereka, kecuali pertengkaran lahir saja dan jangan kamu menanyakan tentang mereka (pemuda-pemuda itu) kepada seorangpun di antara mereka.( Al-Kahfi:22)

PEMUDA-PEMUDA ITU TINGGAL DI GUA SELAMA 309 TAHUN.

وَلَبِثُوا۟ فِى كَهْفِهِمْ ثَلَٰثَ مِا۟ئَةٍۢ سِنِينَ وَٱزْدَادُوا۟ تِسْعًۭا
Dan mereka tinggal dalam gua mereka tiga ratus tahun dan ditambah sembilan tahun (lagi).( Al-Kahfi:25)

قُلِ ٱللَّهُ أَعْلَمُ بِمَا لَبِثُوا۟ ۖ لَهُۥ غَيْبُ ٱلسَّمَٰوَٰتِ وَٱلْأَرْضِ ۖ أَبْصِرْ بِهِۦ وَأَسْمِعْ ۚ مَا لَهُم مِّن دُونِهِۦ مِن وَلِىٍّۢ وَلَا يُشْرِكُ فِى حُكْمِهِۦٓ أَحَدًۭا
Katakanlah: “Allah lebih mengetahui berapa lamanya mereka tinggal (di gua); kepunyaan-Nya-lah semua yang tersembunyi di langit dan di bumi. Alangkah terang penglihatan-Nya dan alangkah tajam pendengaran-Nya; tak ada seorang pelindungpun bagi mereka selain dari pada-Nya; dan Dia tidak mengambil seorangpun menjadi sekutu-Nya dalam menetapkan keputusan”.( Al-Kahfi:26)

Maka dengan iman kepada quran,kita membenar kan cerita ashabul kahfi itu,bukan dongeng dan mitos.suatu yang di anggap legenda gugur jika di benar kan Firman Allah.berarti itu bukan legenda,karena Allah lah yang lebih tahu rahasia langit dan bumi.ada sebuah pertanyaan para pengkritik,pada ayat 25 Allah telah jelas-jelas mengatakan pemuda Ashabul kahfi tinggal selama 309 tahun.mengapa ayat ke 26 Allah masih mengatakan bahwa cuma Dia yang lebih mengetahui berapa lama mereka tinggal?apakah ayat itu terbalik?

Jawab:tentu jawaban nya mudah sekali.ayat 26 menunjuk kan bahwa Allah lebih mengetahui berapa lama mereka tinggal,dan Allah telah memberi tahu kepastian mereka tinggal adalah 309 tahun.hal ini untuk membantah selisih paham manusia dalam menebak perkara yang ghaib seperti pada ayat ke 22 di atas.jadi,tak ada ayat yang terbalik.pada ayat ke 25 Allah memberi kepastian lama mereka tinggal,ayat ke 26 Allah seakan-akan berkata pada kita:”sudah lah,jangan berselisih paham,Aku lebih tahu berapa lama mereka tinggal,yang mana kepastian nya telah ku katakan,mereka tinggal 309 tahun”.jadi,menafsirkan ayat quran harus berhati bersih dan lurus agar kita memahami apa maksud perkataan Tuhan.jadi,tak ada ayat yang terbalik,justru ayat yang terbalik ada di dalam injil kanonik.


MENJAWAB TUDUHAN:CERITA ASHABUL KAHFI MITOLOGI YANG MASUK KE DALAM AL-QURAN?
Pada kesempatan ini penulis mau membahas kritikan para pengkritik Islam bahwa Islam memasukan cerita bukan cerita sejarah,tetapi merupakan cerita dongeng.seperti kisah Ashabul kahfi,atau kisah Seven Sleepers.para pengkritik selalu mengajukan link rujukan dari wikipedia yakni:

http://id.wikipedia.org/wiki/Ashabul_Kahfi

Sekarang kita bantah tulisan itu satu persatu di bagian penting nya saja.perlu di ketahui ulisan-tulisan di wikipedia tidak lah selalu benar…seperti yang di tulis oleh team wikipedia sendiri:

WIKIPEDIA TIDAK MEMBERIKAN JAMINAN VALIDITAS
Wikipedia adalah ensiklopedia isi terbuka dalam jaringan yang kolaboratif, artinya Wikipedia merupakan sekumpulan individu dan kelompok yang bekerja sukarela membangun sumber daya bersama berupa pengetahuan umat manusia. Struktur proyeknya memungkinkan siapa saja yang memiliki koneksi Internet untuk mengubah isinya. Harap diketahui bahwa semua yang ada di sini belum ditinjau oleh orang-orang dengan keahlian yang dibutuhkan untuk menyajikan informasi yang lengkap, akurat, dan tepercaya.

Bukan berarti Anda tidak dapat menemukan informasi berharga dan akurat di Wikipedia. Anda akan sering menemukannya. Akan tetapi, Wikipedia tidak dapat menjamin keabsahan informasi yang ditemukan di sini. Isi artikel mana pun mungkin baru saja diubah, dirusak, atau diganti oleh seseorang yang opininya tidak sesuai dengan pengetahuan di bidang yang terkait. Harap diingat bahwa kebanyakan ensiklopedia dan karya referensi lainnya juga memiliki penyangkalan.

Ok,tampa panjang lebar,mari kita bahas kritikan itu satu persatu:

TERNYATA SEBELUM NYA DUNIA KRISTEN MEMPERCAYAI KISAH ASHABUL KAHFI
Sebuah hari peringatan dirayakan untuk ketujuh pemuda itu dan dinamai sebagai hari pesta Santo “Maximianus, Malchus, Martinianus, Dionisius, Yoannes, Serapion, dan Konstantinus” pada 27 Juli. Nama-nama lain dari ketujuh pemuda ini diberikan dalam sumber-sumber lain. Perayaan ini dihapuskan dan dianggap sebagai mitos setelah pembaruan liturgi Katolik Roma pada 1969. Pesta di kalangan Ortodoks Timur tetap diperingati pada 22 Oktober. (wikipedia)

Ternyata dunia kristen sebelum tahun 1969 telah mempercayai kisah ashabul kahfi/seven sleepers.dan tiba-tiba lalu menganggap kisah itu mitos.mengapa?sebab mereka tahu kisah itu ada dalam quran,maka mereka tak punya kepentingan untuk membela kisah itu.bahkan kepercayaan itu di wujud kan dengan mengadakan peringatan perayaan bagi para pemuda itu.bahkan kalangan ortodox timur masih merayakan nya.apakah pihak gereja katolik Roma telah mempelajari masalah ini secara detail atau hanya di dorong sentiment belaka?

CERITA ASHABUL KAHFI MENYEBAR BERMULA DARI EFESUS?
Sementara versi-versi paling awal dari legenda ini menyebar dari Efesus, sebuah katakumbe Kristen perdana dihubungkan dengannya sehingga mengundang para peziarah. Di kaki Gunung Pion (Gunung Coelian) dekat Efesus(Wikipedia)

Penulis wikipedia itu sangat murah tangan sekali menulis artikel nya men cap cerita ini LEGENDA dan MITOS.hal ini wajar,sebab mungkin ia bukan muslim.bisa jadi ia ateist ataupun kristen yang punya kepentingan menyerang keyakinan muslim.sekarang justru saya ingin memukul balik penulis justru dari artikel yang ia tulis sendiri.

Perhatikan kutipan di atas:cerita itu menyebar dari efesus berarti sesungguh nya cerita itu sudah umum di ketahui masyarakat saat itu.jadi cerita itu sesungguh nya benar-benar ada,tetapi PEMBUKTIAN HISTORIS NYA SULIT SEKALI.sebab cerita itu no saksi mata nya,maka dengan enteng nya di anggap legenda dan mitos.agar anda lebih memahami,silahkan baca tulisan berikut :



Adakah Manusia yang Tahu Ketika Ashabul Kahfi Tidur Hingga Bangun di Gua ?
Cerita Ashabul kahfi,tentu baru di ketahui setelah kejadian itu selesai,dengan bangun nya para pemuda-pemuda itu dari gua.lalu tentu pemuda-pemuda itu bercerita kepada orang-orang yang ada pada saat itu,ketika kondisi mereka telah merasa aman.ketika baru bangun dari gua,mereka masih takut-takut menceritakan identitas mereka,karena mereka menyangka,mereka masih hidup di masa Decius(kaisar ini yang populer di anggap sebagai yang bedampingan dengan sejarah awal ashabul kahfi).seperti yang di nyatakan firman Allah:



وَكَذَٰلِكَ بَعَثْنَٰهُمْ لِيَتَسَآءَلُوا۟ بَيْنَهُمْ ۚ قَالَ قَآئِلٌۭ مِّنْهُمْ كَمْ لَبِثْتُمْ ۖ قَالُوا۟ لَبِثْنَا يَوْمًا أَوْ بَعْضَ يَوْمٍۢ ۚ قَالُوا۟ رَبُّكُمْ أَعْلَمُ بِمَا لَبِثْتُمْ فَٱبْعَثُوٓا۟ أَحَدَكُم بِوَرِقِكُمْ هَٰذِهِۦٓ إِلَى ٱلْمَدِينَةِ فَلْيَنظُرْ أَيُّهَآ أَزْكَىٰ طَعَامًۭا فَلْيَأْتِكُم بِرِزْقٍۢ مِّنْهُ وَلْيَتَلَطَّفْ وَلَا يُشْعِرَنَّ بِكُمْ أَحَدًا
Dan demikianlah Kami bangunkan mereka agar mereka saling bertanya di antara mereka sendiri. Berkatalah salah seorang di antara mereka: Sudah berapa lamakah kamu berada (disini?)”. Mereka menjawab: “Kita berada (disini) sehari atau setengah hari”. Berkata (yang lain lagi): “Tuhan kamu lebih mengetahui berapa lamanya kamu berada (di sini). Maka suruhlah salah seorang di antara kamu untuk pergi ke kota dengan membawa uang perakmu ini, dan hendaklah dia lihat manakah makanan yang lebih baik, maka hendaklah ia membawa makanan itu untukmu, dan hendaklah ia berlaku lemah-lembut dan janganlah sekali-kali menceritakan halmu kepada seorangpun.( Al-Kahfi:19)

Dari cerita ashabul kahfi setelah kebangkitan mereka dari tidur panjang,dari sinilah cerita itu menyebar di masyarakat.berhubung sulit di buktikan sejahrawan,dan mungkin para sejahrawan kurang mempercayai cerita itu(seperti biasa,sejahrawan menulis bukti-bukti nyata,bukan cerita dari mulut ke mulut),maka cerita itu pun menjadi semacam legenda di masyarakat.namun,tak semua legenda mengandung cerita tak nyata semua nya.beberapa legenda asal nya dulu bermula dari kejadian nyata.

Setiap kejadian yang tak di rekam bukti-bukti sejarah,kejadian itu menjadi sukar di buktikan.maka muncul lah dari itu istilah legenda.namun,bukan berarti semua legenda itu mitos murni.sebagian legenda mengandung cerita-cerita nyata.apalagi jika yang di anggap legenda itu di benar kan Firman Allah yang maha tahu,dalam hal ini quran.quran memiliki banyak ke akuratan dan ketepatan( 1 , 2 , 3 , 4 , 5 , ),maka jika quran membenar kan cerita ashabul kahfi,berarti ia bukan legenda dan mitos.sebab Allah maha tahu segala sesuatu.manusia-manusia saja yang tak tahu pasti ketika pemuda-pemuda itu masuk ke gua,lalu tertidur 309 tahun hingga mereka terbangun.ketidak tahuan ini membuat sebagian manusia menuduh cerita ini legenda dan mitos.sewaktu pemuda-pemuda itu mengungsi ke gua,cuma mereka dan Allah yang tahu peristiwa itu,begitu juga ketika mereka tertidur hingga bangun.maka tidak ada saksi-saksi mata kejadian itu,apalalagi kejadian melintas 309 tahun,lalu manusia dengan seenak nya menuduh itu mitos dan legenda.padahal,dengan berkata begitu,manusia2 yang menuduh itu terkesan sok tahu,padahal mereka tidak melihat kejadian itu,ada atau tidaknya para penghuni gua itu,mereka cuma mengira-ngira.lain hal nya jika mereka bangsa malaikat yang hidup kekal lalu melihat gua yang di klaim itu,hingga mereka bisa menyimpulkan tak ada pemuda-pemuda itu berikut anjingnya di situ.mereka pun cuma mengira-ngira kalau itu adalah dongeng.

Apalagi setelah Ashabul kahfi terbangun dari tidur,mereka saling berpesan agar jangan bercerita perihal kita(qs 18:19),sehingga tentu informasi tentang ashabul kahfi amat minim.maka itu,sebagian orang dengan seenak nya menganggpa cerita itu mitos dan dongeng.maka itu,tak ada seorang pun tahu ketika Ashabul kahfi memasuki gua hingga mereka bangun.maka itu,saksi-saksi sejarah dan saksi mata peristiwa itu amat minim,bahkan nol(nihil).maka itu,sebagian manusia menganggap cerita itu mitos dan dongeng.padahal belum tentu itu mitos dan dongeng.ketika cerita itu di beritakan firman Allah,maka runtuhlah status dongeng itu menjadi fakta.setelah Ashabul kahfi bangun dan mengetahui penguasa telah toleran pada keyakinan-keyakinan lain(catat=walau kaisar itu pagan atau penganut trinitas,tak menghalangi toleransi jika ia toleran),maka tentu mereka menceritakan pengalaman mereka yang hidup di masa kaisar Dikyanus/Decius(?) ,hingga mereka terkaget-kaget telah hidup, di masa kaisar berbeda.bagaimana reaksi kita ketika ada sekelompok orang menceritakan pengalaman nya dulu mereka hidup di masa penguasa 309 tahun lalu dan tertidur,lalu baru terbangun kini?tentu sebagian kita berkata:”ad,itu omomg kosong”..sebagian lagi bertanya-tanya:”apa iya”?sebagian lagi percaya dan memuji kekuasaan Allah.nah,dari pokok pangkal inilah sebagian manusia menganggap cerita ini dongeng dan mitos.sebagai muslim,kita percaya,setiap yang telah di ceritakan Quran adalah benar,memang terjadi nyata,bukan dongeng atau mitos.jika para penafsir quran salah mem prediksi siapa kaisar saat mereka tertidur dan bangun nya mereka,tentu itu bukan kesalahan quran,cuma kesalahan analisa penafsir saja.sebab quran tak merinci siapa kaisar ketika Ashabul kahfi masuk gua,siapa kaisar ketika mereka bangun,dst.


Penyebaran cerita itu dari efesus menunjuk kan cerita itu benar-benar eksis.dan jika di benar kan Allah,maka cerita itu tentu nya bukan lah dongeng.apakah kristen berani berkata kisah Adam dan Eva adalah dongeng hanya karena tak ada bukti sejarah dan arkeologi nya?mereka pasti percaya karena merasa di benar kan firman Tuhan.apa beda nya dengan Muslim yang percaya dan imani kisah Ashabul kahfi walau nol saksi sejarah nya?mengapa percaya?karena firman Tuhan dalam Quran membenar kan nya.jika suatu cerita di benar kan Allah Tuhan semesta alam,maka peristiwa itu benar-benar terjadi dan bukan legenda.perhatikan beberapa kisah ini:

cerita batu menangis dari kalimantan
cerita sangkuriang
cerita ratu laut kidul
cerita Ashabul kahfi

Semua cerita itu di ceritakan dari mulut ke mulut.dan untuk membuktikan nya secara sejarah dan Arkeologi sangat sulit bahkan nol.mengapa?karena cerita-cerita itu tak terekam sejarawan.namun perlu di garis bawahi bahwa : tak semua cerita lisan itu adalah legenda.jika cerita itu di firman kan Allah,Tuhan semesta alam,maka cerita itu di konfirmasi Allah adalah benar-benar terjadi.berbeda jika cerita itu tak di benar kan Allah,Tuhan semesta alam,seperti legenda sangkuriang,maka ia benar-benar mitos atau tidak,hanya Allah yang tahu.dan masalah nya apakah anda percaya Allah itu Tuhan anda yang memberi firman yang benar atau tidak?jika tidak maka masalah nya anda menganggap ashabul kahfi mitos karena anda tidak beriman pada firman Allah.,lalu manusia dengan seenak nya menuduh itu mitos dan legenda.padahal,dengan berkata begitu,manusia2 yang menuduh itu terkesan sok tahu,padahal mereka tidak melihat kejadian itu,ada atau tidaknya para penghuni gua itu,mereka cuma mengira-ngira.lain hal nya jika mereka bangsa malaikat yang hidup kekal lalu melihat gua yang di klaim itu,hingga mereka bisa menyimpulkan tak ada pemuda-pemuda itu berikut anjingnya di situ.mereka pun cuma mengira-ngira kalau itu adalah dongeng.

So,penyebaran cerita itu di wilayah Efesus Turki membuktikan bahwa cerita itu adalah benar-benar eksis.dan tuduhan kristen cerita itu dongeng karena mereka ingkar pada quran.lucu nya cerita Adam dan Eva yang juga serupa ashabul kahfi(nol bukti sejarah dan arkeologi nya)mereka percayai karena itu di benar kan firman Tuhan.

Begitu juga muslim…..Jika di benar kan Quran,mengapa kami tidak percaya?masak kami percaya sama Alkitab yang penuh kesalahan?

DINDING-DINDING GEREJA DAN MAKAM-MAKAM ABAD KE 5 DAN 6 MASEHI ADA TULISAN-TULISAN YANG DI PERSEMBAH KAN UNTUK KE TUJUH PEMUDA ASHABUL KAHFI

‘Gua’ dari Ketujuh Pemuda yang Tertidur dengan reruntuhan gereja yang dibangun di atasnya digali pada 1927-1928. Penggalian itu mengungkapkan pula beberapa ratus makam yang berasal dari abad ke-5 dan ke-6. Terdapat pula tulisan-tulisan yang dipersembahkan kepada Ketujuh Pemuda itu di dinding-dinding gereja dan di makam-makam tersebut. ‘Gua’ tersebut masih diperlihatkan kepada para wisatawan.(Wikipedia)

Satu bukti lagi bahwa sesungguh nya cerita Ashabul kahfi sangat eksis saat itu di ephesus dan sekitar nya.bahkan ada tulisan-tulisan bagi 7 pemuda itu di makam-makam dan gereja pada abad ke 5 dan 6.tulisan-tulisan itu menunjuk kan cerita itu sangat berkesan dan tampak sekali benar-benar ada.dan jika kristen ngotot mengatakan itu dongeng,,,,maka saya katakan:mana bukti nya cerita itu dongeng?jika anda katakan cerita itu tak ada saksi sejarah nya dan bukti arkeologi nya,maka mengapa anda percaya kisah Adam dalam Alkitab?sedang Adam itu tak ada bukti sejarah dan arkeologi nya?

Anda mungkin menjawab:”kami percaya karena kisah itu firman Tuhan,dan Tuhan tak akan berdusta”

Saya jawab:”begitu juga kami muslim,percaya kisah Ashabul Kahfi karena kisah itu firman Tuhan,dan Tuhan tidak akan berdusta”

ASAL USUL SURIAH

Legenda ini muncul dalam beberapa sumber berbahasa Suriah sebelum masa Gregorius. Kisah ini diceritakan kembali oleh Simeon Metafrastes.

Kisah Ketujuh Pemuda ini menjadi pokok sebuah homili dalam bentuk syair oleh seorang penyair Edesa, Yakub dari Saruq (‘Sarugh’) (meninggal 521), yang diterbitkan di Acta Sanctorum. Sebuah versi abad ke-6, dalam sebuah manuskrip Suriah di British Museum (Cat. Syr. Mss, hlm. 1090), menceritakan delapan orang yang tertidur. Ada variasi yang besar tentang nama-nama mereka.

Sebuah versi Suriah lainnya dicetak dalam Land’s Anecdota, iii. 87ff; lihat pula Barhebraeus, Chron. eccles. i. 142ff., dan cf Assemani, Bib. Or. i. 335ff.(Wikipedia)

Perhatikan penulis wikipedia sangat ringan tangan mencap cerita ashabul kahfi sebagai dongeng.perhatikan,cerita ini menyebar juga di bahasa suriah karena memang cerita ini sangat eksis.bahkan di buat syair oleh Yakub dari Sarug.ini menunjuk kan cerita ini sangat eksis dan di imani oleh orang-orang kristen saat itu.perhatikan bahwa Yakub dari sarug membuat syair tentang Ashabul kahfi ini untuk keperluan misa gereja.atau untuk khotbah singkat tentang ajaran moral dan peringatan.yang di sebut sebagai HOMILI.jika cerita itu di anggap Hoax dan tak di imani kristen saat itu,tentu cerita itu di larang di bawa ke dalam misa gereja.ini menunjuk kan cerita itu bukan karangan Yakub bin Sarug,tetapi cerita yang eksis ada dari mulut ke mulut.sungguh aneh jika cerita itu di klaim karangan sarug…..sedangkan masyarakat Efesus jauh dari Edessa mempercayai ada nya cerita seven sleepers itu.jadi asal muasal cerita sevn sleepers mustahil dari sarug.cerita ini bermula dari cerita dari mulut ke mulut masyarakat.dan bahkan semasa perang salib mereka yang percaya kisah ini mengklaim menemukan tulang-tulang dari pemuda itu



KISAH ASHABUL KAHFI MENYEBAR LUAS KE DUNIA KRISTEN HINGGA BARAT

Legenda ini dengan cepat menyebar luas di seluruh Dunia Kristen, dipopulerkan di barat oleh Gregorius dari Tours, dalam kumpulan kisah mujizatnya dari abad ke-6 akhir, De gloria martyrum (Kemuliaan para Syuhada). Gregorius mengatakan bahwa ia memperoleh legenda itu dari “seorang Suriah tertentu.”(Wikipedia)

Lagi-lagi penulis ringan tangan menulis cerita ashabul kahfi sebagai legenda.itu wajar,karena ia tak percaya Quran.jadi penulis nya orang kafir atau ateist,maka dari itu melakukan analisa tak berimbang.perhatikan,Gregorius memasuk kan cerita ini ke buku kumpulan kisah mukjizat menunjuk kan cerita itu sudah eksis saat itu.

MITOS YANG MASUK KE DALAM AL-QURAN?

Pada abad ke-7, mitos ini semakin luas dibaca ketika kisahnya masuk ke dalam Al Qur’an dalam Surah 18, Al-Kahfi, ayat 9-14(Wikipedia)

Lihat lah kembali si penulis kufur di wikipedia ini sangat murah sekali menyebut legenda dan mitos dalam cerita ashabul kahfi.seakan-akan ia lebih tahu dari Allah dan sudah lahir melihat gua yang di maksud,lalu ia tak melihat ada pemuda-pemuda itu.hingga dengan lancang menyebut kisah itu dongeng.sekarang apakah si penulis ini percaya cerita Adam,eva dan taman eden?jika percaya…mana bukti sejarah dan Arkeologis nya?pasti penulis kufur ini jika ia kristen percaya hanya karena cerita itu di benar kan firman Tuhan(padahal menurut ateist kisah itu mitos).

Begitu juga muslim…percaya kisah Ashabul kahfi bukan mitos karena di benar kan firman Allah,bahwa peristiwa itu benar-benar terjadi.sekarang apakah orang kufur itu percaya Quran atau tidak?jika tidak wajar saja tangan nya murah sekali memfonis mitos dan legenda cerita ashabul kahfi.heran nya penulis-penulis muslim apatis melihat tulisan yang tidak berimbang ini.

TULANG-TULANG ASHABUL KAHFI DARI KUBURAN DEKAT EFESUS

Selama masa Perang Salib, tulang-tulang dari kuburan dekat Efesus, yang diidentifikasikan sebagai relikui dari Ketujuh Pemuda ini, dipindahkan ke Marseille, Prancis, dalam sebuah peti mati dari batu yang besar, yang hingga kini merupakan pusaka yang sangat dihargai di Gereja Saint Victoire, Marseille.(Wikipedia)

Lihat lah sangat kental nya eksis nya cerita ashabul kahfi hingga urusan tulang mereka menjadi sakral.entah itu tulang-tulang ashabul kahfi atau bukan(sebab tak di ketahui pasti gua mereka bersembunyi)ini menunjuk kan cerita itu sangat eksis saat itu.hingga tentu makin mendekati kebenaran.dan dunia kristen saat itu mengimani kisah itu.lucu nya penulis kufur wikipedia ini setelah kenyang menulis mitos dan legenda di tiap2 pembahasan nya,lalu ia menulis tulang-tulang pemuda itu ada di kuburan dekat efesus.tampa membahas ke absahan historis tulang-tulang itu.maka pembahasan si penulis terkesan timpang.

BUKU LEGENDA EMAS
Ketujuh Pemuda ini dimasukkan dalam kumpulan cerita Legenda Emas, buku yang paling populer pada Abad Pertengahan Akhir, yang menetapkan tanggal kebangkitan mereka, tahun 478 M, pada masa pemerintahan Teodosius(Wikipedia)

Kristen-kristen pasti semangat membaca ini,sebab cerita Quran ternyata hanya berupa legenda emas saja.padahal penulis buku itu pun tak tahu pasti cerita itu benar ada atau tidak.dan apakah manusia bisa di sama kan dengan Allah soal mengetahui segala sesuatu?tentu tidak.maka ketika cerita ashabul kahfi di benar kan Allah,maka ia tentu bukan cerita isapan jempol.masalah nya,apakah anda percaya Allah dan Quran atau tidak?atau anda cuma percaya pada dugaan-dugaan liar anda sendiri?

KESIMPULAN
Cari lah kebenaran Allah dan Quran serta Rasul terakhir Muhammad.pelajari cacat-cacat agama(kristen)mu sendiri dengan jujur.niscaya jika anda telah beriman,tak ada alasan untuk meragukan firman Tuhan tentang ashabul kahfi.masalah nya apa anda percaya perkataan Allah atau tidak?jika tidak percaya maka anda akan selalu menuduh kisah itu mitos dan legenda,sok tahu melebihi pengetahuan Allah.padahal ia lahir kurang lebih 2000 tahun kurang dari masa pemuda-pemuda itu.kecuali ia punya mesin waktu yang mampu melihat pemuda-pemuda itu ada atau tidak di gua-gua pada masa penganiyaan kristen.


Related Posts:

1 Response to "Kronologi Cerita Ashabul Kahfi"

  1. Kalau buat tulisan harus paham jangan asal nulis...kalau tulis sejarah ya harus netral beserta bukti dan data sejarah... Awal mula....pakai referensi kok saksi jehova...

    BalasHapus